Internetan dapet Uang

Rabu, 27 Maret 2013

Cara menganalisis HYIP



Mengetahui HYIP dengan segala untung ruginya, bukan berarti membuat kita harus takut untuk ikut di dalamnya. Pada prinsipnya HYIP menawarkan ide investasi yang menarik, karena memungkinkan investor pemula untuk ikut berpartisipasi dan mengeruk keuntungan. Kalau kemudian pada perjalanannya banyak penipuan, dalam dunia investasi bukanlah barang baru. Kondisi ini mirip dengan sebuah senjata canggih, yang bila jatuh ke tangan polisi akan baik fungsinya, namun bila jatuh ke tangan penjahat akan jahat pula hasilnya.

PENTING UNTUK DIKETAHUI MENTAL YANG HARUS DISIAPKAN SEBELUM TERJUN KE DALAM HYIP YAITU BAHWA 80% HYIP PADA AKHIRNYA AKAN TUTUP DAN TERBUKTI TIDAK MEMBAYAR!
Jumlah ini terkesan besar, tapi ini bukan karena HYIP tidak genuine. Popularitas HYIP mendorong munculnya website-website picisan dengan niat sejak awal menipu. Karenanya jeli dalam melihat HYIP yang bagus dan menakar resiko dengan cermat menjadi kunci kesuksesan berinvestasi di sini.

Menakar Resiko

Tidak ada rumus khusus, namun beberapa hal berikut penting untuk dijadikan pertimbangan:
MENAKAR USIA SUSTAINABILITY HYIP
Untuk melakukan ini kita bisa mengandalkan informasi website tersebut, atau pun melihat dari sejarah awal munculnya testimonial mengenai website itu. Dari sana kita beranjak pada estimasi mulai launchingnya website. Atau kita bisa menyelidiki dari domain whois untuk mengetahui kapan mulainya registrasi website dan kapan pula berakhir. Secara umum, dengan info ini kita menarik waktu 4-6 bulan terhitung dari titik awal berdirinya website, sebagai periode aman untuk berinvestasi.
Namun penting pula sebagai awal, untuk memperhatikan apakah website HYIP itu sudah memenuhi kriteria yang baik untuk kita anggap sebagai tempat aman berinvestasi. Lihat “strategi memilih program HYIP
Misal:    HYIP A : berdiri pada bulan September 2011
Maka, dalam skenario terburuk HYIP bertahan 4 bulan, HYIP A akan tetap profitable sampai bulan Januari 2012.
Kita juga bisa menakar usia kelanggengan HYIP dari testimonial member ditilik dari apakah website ini menjadi cukup popular atau tidak, dan bagaimana metode para members dalam pengembangan jaringannya.
Penting untuk dipahami, bahwa  metode pengembangan jaringan akan efektif bila bisa dilakukan baik secara online maupun offline. Bila proses pengembangan terlihat tidak konsisten dan fokus hanya dengan mengembangkan referral link, maka kemungkinan matinya jaringan akan cepat terjadi. (Hal ini tidak berlaku di semua negara. Khusus Indonesia dimana masih banyak orang yang awam internet, maka pengembangan jaringan secara online yang tidak didukung dengan pengembangan jaringan secara offline tidaklah cukup efektif)
Dari testimonial para members dan pertumbuhan jaringan ini, kita juga bisa melihat gambaran ke depan kelanggengan HYIP dengan memahami apakah HYIP tersebut sudah memenuhi unsur pelayanan yang baik.
Misal:

  • apakah membayar sesuai yang dijanjikan
  • apakah support/customer-service nya jalan
  • apakah website tersebut tidak sering down atau mengalami masalah jaringan
  • dll
Dari sini, kita menarik mundur atau maju, estimasi periode usia bertahannya sebuah HYIP berdasarkan rata-rata statistik dalam skenario yang terburuk (4-6 bulan).
Contoh:
HYIP A seperti contoh sebelumnya, didukung oleh sokongan member loyal yang secara aktif dan semangat mengembangkan jaringan dengan melengkapi unsur online maupun offline. HYIP A juga terbukti membayar sesuai yang dijanjikan.
Ketika dicek di Alexa Rank, traffic website tinggi, maka kita bisa menakar secara statistik waktu bertahannya sebuah euphoria massal, yaitu paling tidak 1 tahun, maka HYIP A masih mungkin bertahan hingga Juli 2012.
MEMPERHATIKAN DENGAN JELI POPULARITAS WEBSITE
Pengelola HYIP sebenarnya sebuah perusahaan besar. Dan biasanya mereka memang menjadikan basis HYIP mereka sebagai sebuah money game. Kita tidak pernah bisa tahu apakah pengelola benar-benar secara profesional mengelola modal yang ditanamkan investor di pasar investasi high gain seperti forex, egold, dll atau tidak. Hal-hal seperti ini memang sulit dilacak. Karena itu, kita cuma bisa memperhatikan popularitas website untuk melihat apakah kira-kira pengelola masih punya kesanggupan membayar investasi kita dengan jumlah investor baru yang bertambah.
Advertising
Perusahaan HYIP dengan niat yang serius bertahan lama, akan menyiapkan budget untuk beriklan yang cukup. Ini dalam rangka mempertahankan kestabilan jumlah pengunjung website dan penambahan investor baru. Kita bisa mencoba melihat hal ini dengan menggoogle nama company, atau syukur-syukur bila kita melihat iklannya.
Backlink
Jumlah backlink juga bisa membantu kita melihat kemungkinan bertambah populernya website yang bersangkutan. Ini bisa kita cek dari domain tools yang ada.
Alexa Traffic
Saya sendiri lebih suka memperhatikan alexa traffic ketimbang alexa rank. Alasannya, HYIP yang masih baru dengan alexa rank yang rendah belum tentu menunjukkan indikasi buruk selama traffic website yang bersangkutan terlihat masih dalam grafik hijau yang menanjak. Grafik yang meningkat ini menunjukkan masih aman bila kita masuk segera, sebelum grafik menurun kembali, dan website HYIP mulai kelabakan dalam membayar dividen yang mereka janjikan dikarenakan mereka sudah kesulitan merekrut investor baru.
MELIHAT MASA AKHIR PERJANJIAN INVESTASI SEBUAH HYIP
Bila sebuah HYIP menjanjikan jangka waktu pendek/menengah dalam pengembalian modal investor, maka pada periode ini kita benar-benar harus bisa memanfaatkan momentum. Mengingat :

  1. HYIP yang kredibel tentunya tidak akan menjadikan periode awal mereka dengan menunjukkan kinerja atau pelayanan yang buruk a.k.a tidak mengembalikan modal investor
  2. Dengan terbuktinya janji HYIP, maka loyalitas dan tingkat kepercayaan member meningkat, sehingga meningkat pula semangat pengembangan jaringannya
Maka bila kita telat tahu, telat dengar mengenai model investasi HYIP yang bersangkutan, selama masih dalam kurun waktu periode ke -2 dari jangka waktu investasinya; maka kita masih aman untuk bergabung.
MENENTUKAN BESARAN MODAL YANG AKAN DIINVESTASIKAN
Ada hal-hal penting yang perlu diperhatikan dengan cermat:
a. Jangan pernah menginvestasikan modal di website HYIP dalam jumlah yang tidak bisa kita antisipasi bila hilang.
Artinya sangatlah bodoh bila kita menanamkan modal besar sampai berhutang di luar hanya karena terpengaruh oleh iming-iming bunga harian dan return besar yang dijanjikan HYIP.
 Tetaplah bermain aman dengan hanya menginvestasikan uang yang kita tidak akan sayang bila apes-apesnya hilang.
b. Tentukan strategi uang terlebih dahulu.
Mungkin Anda bingung dengan apa yang saya maksud dengan “strategi uang”. Sebelum menentukan strategi, mari kita lihat kondisi real lapangan HYIP.
Di dalam HYIP penghasilan member tidaklah terbatas hanya pada bonus pasif yang diberikan sebuah HYIP. Tetapi juga –sebagaimana yang sudah kerap dijelaskan- ditambah dengan bonus aktif dari pengembangan jaringan.
Pada prakteknya, proses pengembangan jaringan ini menimbulkan pula metode lain perputaran uang. Yaitu perputaran uang virtual si HYIP.
Bagaimana ini bisa terjadi? Apakah ini sebuah ketidaksengajaan atau kesengajaan dari HYIP yang bersangkutan? Jawabannya, kesengajaan.
Dalam kode skrip HYIP yang menyediakan layanan transfer uang antar sesama member, maka ini memungkinkan untuk terjadi transaksi jual beli uang virtual tersebut dengan kurs yang ditentukan oleh member itu sendiri mengikuti hukum supply & demand.
Apa artinya ini untuk HYIP yang bersangkutan?
Ingat bahwa perputaran uang virtual menandakan bahwa semakin sedikit terjadi penarikan dana oleh investor , karena bonus yang didapatkannya diperjualbelikan kembali kepada member baru yang akan join. Dalam hal ini, investor mendapatkan liquiditas dari hasil jual beli uang virtual tersebut, dan HYIP tidak perlu membayar investor  dengan uang real.
Tapi ini juga berarti, berkurang pula dana real yang masuk ke HYIP itu. Karena pada prinsipnya member join menggunakan uang virtual yang mereka hasilkan sendiri.
Artinya, kita juga bisa berhitung tentang kelanggengan HYIP yang terkait. Ada dua sisi yang secara seimbang bisa kita jadikan pertimbangan, yaitu bahwa dengan sedikitnya modal investor yang real masuk ke HYIP berarti kemungkinan HYIP itu akan bertahan lama menjadi kecil, atau justru dengan modal yang tidak secara “terburu-buru” dikolektif oleh HYIP menunjukkan genuisitas yang berarti bisnisnya akan bertahan lama.
Mana yang kita jadikan pertimbangan? Jawabannya akan tergantung pada indikator-indikator lain yang ada pada HYIP tersebut.
Misal bila HYIP itu memberikan pelayanan withdraw/penarikan dana yang relatif lambat disertai dengan jangka waktu investasi yang relatif panjang, tetapi diikuti dengan peluang transaksi virtual money antar member yang besar (difasilitasi oleh kemudahan transaksi kredit antar member/new member; dan bonus besar pengembangan jaringan); maka ini berarti HYIP tersebut telah berhitung dengan cermat dalam proses pengelolaan modal kolektif mereka agar memungkinkan mereka tetap profit dan tidak merugi meski terkesan menguntungkan pula bagi member mereka yang berarti pula sebuah genuisitas atau niat baik HYIP dalam bersungguh-sungguh mengelola modal dari para investor.
Dengan kata lain, HYIP itu sudah menimbang dengan cerdas waktu yang cukup untuk mereka mengelola dana dan membagi profit ke para investor.
Kembali kepada strategi uang, dari penjelasan di atas kita mengetahui bahwa liquiditas penghasilan kita di HYIP tergantung pada:
- Pasif dan aktif income yang diberikan HYIP sesuai janji kepada investor plus kemudahan penarikan dana
- Pertukaran uang virtual antar member (transaksi jual beli kredit)
Maka bila dalam estimasi periode aman investasi 6 bulan, dengan prospek jaringan yang masih bertumbuh, liquiditas dari trading uang virtual bagus, tidak salah bila kita menanamkan modal besar dengan bonus besar yang memungkinkan kita secara cepat melakukan transaksi jual beli uang virtual kepada member-member baru yang masih bertumbuhan.
Pada titik di mana kita sudah melewati BEP dan kehilangan resiko, maka kita bisa mengambil langkah lebih lambat dalam pengembangan jaringan, dan melakukan percepatan dalam withdrawal atau penarikan dana. Hal ini juga akan membantu equilibrium supply dan demand uang virtual sehingga membantu menjaga nilai kurs uang virtual tersebut tidak drastis turun.
INGAT BAHWA INI AKAN SANGAT TERGANTUNG PADA KEJELIAN MELIHAT MOMENTUM DAN MEMANFAATKANNYA!
SECARA CEPAT MENCAIRKAN BUNGA YANG TERKUMPUL
HYIP yang baik memfasilitasi liquiditas ini baik dengan proses penarikan dana yang cepat dengan minimal penarikan yang rendah, atau dengan memberikan kemudahan dalam transaksi kredit antar member. Cara mana pun yang kita pilih dalam proses mencairkan dana kita di HYIP setelah mempertimbangkan berbagai aspek, tidak jadi masalah. Yang penting lakukan pencairan ini secepatnya tanpa menunda-nunda dengan mengakumulasinya hingga nilai tertentu terlebih dahulu.
HINDARI PENAMBAHAN MODAL REAL  BARU
Yang dimaksud modal real baru, artinya kita kembali merogeh kocek sendiri untuk top up atau penambahan  dana. Kalau pun kita ingin meningkatkan profit pasif income dengan penambahan dana, pastikan penambahan itu berasal dari hasil profit murni setelah mencapai BEP.
Misal:    investasi A di HYIP B sebesar $1000 dengan bonus harian 2% atau $20 per hari, maka BEP dicapai setelah 50 hari. Top up dengan nilai sama bisa dilakukan setelah 50 hari berikutnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar